Alex Rins mengungkap kenapa dirinya lebih cepat dari Jomplang dibandingkan Fabio Quartararo pada tes pramusim MotoGP 2024

Alex Rins mengungkap kenapa dirinya lebih cepat dari Jomplang dibandingkan Fabio Quartararo

SELANGOR – Alex Rins mengungkap penyebab perbedaan kecepatan yang sangat besar saat tes pramusim MotoGP 2024 di Malaysia bersama rekan setimnya, Fabio Quartararo. Menurut data yang ada, hal itu terjadi karena El Diablo lebih lambat darinya. Mesin baru motor Yamaha YZR-M1 2024 memukau para pebalap Yamaha saat menjalani tes perdana MotoGP musim 2024 di Sirkuit Internasional Sepang, Selangor, pada 6-8 Februari.

Pasalnya, karena kombinasi paket aerodinamisnya lebih kecil, kecepatannya meningkat secara signifikan dibandingkan tahun lalu. Quartararo berhasil mencapai kecepatan tertinggi alias kecepatan maksimal selama pengujian, yakni 338,5 km/jam. Hanya juara Red Bull KTM Brad Binder yang bisa menandinginya dengan motor RC16 miliknya pada hari terakhir pengujian. Namun Rins menyamai juara MotoGP 2021.

Kecepatan maksimalnya hanya 334,3 km/jam yang menempatkan pebalap asal Spanyol itu di peringkat terbawah top speed. Rins pun menunjukkan hal itu terjadi karena Quartararo mengerem lebih lambat darinya saat melakukan akselerasi di tikungan sebelum Tikungan 1. Alhasil, jagoan tim Monster Energy Yamaha itu bisa mencatatkan top speed. “Saya banyak memikirkannya dan menganalisis banyak data.

Rins mengatakan, “Hal ini terjadi karena sensor kecepatan ditempatkan dengan sangat baik dalam pengereman (sebelum 1),” kata Rins seperti dimuat di Speedweek, Sabtu (02/10/ 2024). “Dari data terlihat Fabio mengerem lima hingga tujuh meter lebih lambat dari saya.

Makanya seperti itu,” lanjut pemain berusia 28 tahun itu. Sementara dari segi catatan waktu, Quartararo berada di peringkat 11 dengan selisih 0,843 detik dari catatan waktu terbaik yang dibukukan Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo.

Sedangkan Rins tertinggal 1,197 detik dan finis di posisi ke-16. Kendati demikian, Rins mengaku senang dengan hasil analisis shakedown pada tes pertama MotoGP 2024 yang berlangsung selama lima hari di Malaysia. Namun masih banyak kelemahan signifikan dibandingkan YZR-M1.

“Saya sangat senang karena sejauh ini kami telah menyelesaikan tes dengan baik. Kami fokus pada ujian sampingan selama lima hari ini. “Akibatnya, kita mengabaikan perencanaan yang baik,” kata Rins.

“Ada sedikit disorganisasi, kita masih memerlukan organisasi yang lebih baik. Saya punya sedikit masalah dengan rem, kaki belakang tidak terhubung ke tanah. “Kami kehilangan sedikit waktu di area ini,” tambah pria kelahiran Barcelona itu.

“Tetapi saya sangat senang karena kami melakukan pekerjaan dengan baik dan memiliki tim yang bagus. Kami akan lihat apakah kami bisa terus seperti ini dan terus berkembang,” tutupnya.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *