Rahmat Erwin Abdullah meraih tiga medali emas, memecahkan 1 rekor dunia Kejuaraan Kelas Berat Asia 2023.

Memecahkan 1 rekor dunia Kejuaraan Kelas Berat Asia 2023

JAKARTA – Atlet Indonesia Rahmat Erwin Abdullah bisa bersinar di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Asia 2023. Bagaimana tidak, ia berhasil meraih tiga medali emas sekaligus memecahkan rekor dunia. Rahmat yang berlaga di kategori 73kg tampaknya akan mendominasi Kejuaraan Kelas Berat Asia 2023 yang digelar di Uzbekistan, Selasa (6/2/2024).

Bayangkan saja, peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu berhasil meraih tiga medali emas sekaligus memecahkan rekor dunia. Atlet asal Sulsel itu berhasil meraih emas pada angkatan Snatch dengan angkatan terbaik 159 kilogram, selain itu ia juga meraih emas pada kelas Clean and Jerk dengan angkatan 204 kilogram, sementara total tersebut merupakan rekor dunia atas namanya sendiri, yaitu yang pertama. 202kg.

Namun sayang, Rahmat tidak memecahkan rekor kekuatan sempurna tersebut. Pasalnya, rekor kekuatan total masih dipegang oleh atlet angkat besi asal Tiongkok, yakni Shi Zhi Yong. Rahmat sangat bersyukur atas pencapaian tersebut. Namun, pemain berusia 24 tahun itu belum mau puas. Ia ingin terus meningkatkan rekornya di ajang yang dilombakannya ke depan.

“Syukurlah kelas saya tetap konsisten. Namun, saya harus tetap fokus untuk meningkatkan diri di Kejuaraan Dunia di Phuket, Thailand, April mendatang, kata Rahmat dalam keterangan yang diterima MNC Portal Indonesia, Selasa (6/2/2024).

Rahmat bukan satu-satunya yang meraih hasil impresif di Asian Heavyweight Championship 2023. Namun ada juga Rizki Juniansyah yang masuk di kategori 73kg. Rizki meraih perak di ketiga kelas yang diikutinya. Sebelumnya, atlet angkat besi Indonesia lainnya, Riko Saputra yang tampil di kelas 62 kg berhasil meraih 2 perak dan 1 perunggu. Sementara di nomor putri, atlet Natasya Beteyob yang tampil di kategori 59 kg juga berhasil meraih satu medali perak dan dua perunggu.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *