Francesco Bagnaia senang dengan performa motor baru Ducati saat tes pramusim MotoGP 2024

Francesco Bagnaia senang dengan performa motor baru Ducati

SEPANG – Francesco Bagnaia mengaku puas dengan performa motor barunya, Desmosedici GP24 yang dihadirkan saat tes hari pertama MotoGP 2024 di Malaysia, Selasa (6/2/2024). Sebab menurutnya, motor baru ini memiliki potensi besar meski menunjukkan sejumlah persamaan dan perbedaan dengan edisi tahun lalu. Bagnaia dan rekan setimnya, Enea Bastianini, mengawali tes hari pertama MotoGP 2024 di sirkuit Sepang dengan menggunakan motor keluaran 2023.

Hal itu dilakukan karena mereka terlebih dahulu fokus membandingkan performa motor lama dengan motor baru, sehingga punya fokus pada waktu terbaik. Alhasil, Bastianini berada di posisi kelima dengan selisih 0,406 detik dari waktu terbaik yang ditorehkan pebalap Pramac Ducati, Jorge Martin. Sementara Pecco –julukan Bagnaia, finis di urutan ke-16, tertinggal 0,862 detik dari rivalnya.

Berdasarkan hasil perbandingan, Bagnaia mengungkapkan tim pabrikan Ducati akan menggunakan sepeda motor yang memenuhi spesifikasi terbaru yang mereka miliki untuk pengujian dua hari ke depan. Ia menilai potensi motor dengan spesifikasi terkini sangat besar sehingga perlu dikembangkan lebih lanjut.

“Saya memilih motor terakhir untuk melanjutkan spesifikasi 2024 karena menurut saya potensinya bagus. Saat ini kami masih dalam proses pengereman dan masih mengerjakan pengembangan kabelnya. “Secara keseluruhan saya senang,” kata Bagnaia seperti dikutip Speedweek, Rabu (7/2/2024).

Salah satu peningkatan yang sangat mengesankan bagi juara MotoGP dua kali itu pada motor barunya adalah pengereman, yang ia perhatikan sejak time trial di Valencia November lalu. Ia pun menjelaskan banyak perbedaan dan persamaan yang ia rasakan antara Desmosedici GP24 dan GP23.

“Hal favorit saya adalah waktu pengereman. “Saya sudah mengalaminya di Valencia,” kata Francesco Bagnaia.

“Tetapi kecepatan dan distribusi tenaganya sangat berbeda, lebih buruk. Dia menambahkan, “Kami sedang menjaganya dan saya pikir kami telah mengambil langkah maju yang baik karena kami menetapkan waktu tercepat pada ban yang aus.”

“Kecepatan tertingginya sama, kami membuat banyak kemajuan sepanjang hari, namun angin semakin kencang sehingga sulit untuk memahami apakah kami telah meningkatkan kemajuan tersebut. Tapi feelingnya bagus,” tutupnya.

Tes resmi MotoGP 2024 akan dilanjutkan pada 7-8 Februari. Kemudian, tes terakhir akan berlangsung di Qatar pada 18-20 Februari.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *