Mengapa pebalap MotoGP memakai plester di hidungnya?

MENGAPA pebalap MotoGP memakai plester di hidungnya

adalah pertanyaan nyata. akan menjawabnya pada artikel selanjutnya.

Bahan seperti plester yang digunakan pengendara MotoGP di hidung mereka memiliki banyak nama. Ada yang menyebutnya saluran hidung, saluran hidung, atau bahkan saluran hidung.

Namun pada dasarnya, makhluk-makhluk tersebut melakukan hal yang sama, yaitu membuka saluran hidung sehingga mereka dapat bernapas melalui hidung dan mengalirkan lebih banyak oksigen ke paru-parunya. Secara teori, hal ini sebenarnya akan membantu pelari tampil lebih baik selama balapan intensitas tinggi.

Apalagi saat berlari, metabolisme tubuh sedang lambat sehingga membutuhkan oksigen untuk menghasilkan energi yang cukup. Seorang pria bernama Patrick McKeown pertama kali mengembangkan penutup hidung ini untuk pelari. Dia menciptakan ini berdasarkan pengetahuan dan pengalaman ilmiahnya. Hasilnya, ia berhasil menciptakan alat yang membantu mengurangi masalah pengelolaan saluran napas hidung.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa penutup hidung ini bekerja dengan baik untuk meningkatkan kemampuan pernapasan. Secara teknis, balutan ini berfungsi pada rinitis hidung untuk mencegah penyumbatan.

Seperti kita ketahui, pernafasan sangatlah penting dalam performa seorang pelari. Selama balapan, para pebalap MotoGP harus bisa mengatur pernapasannya dengan baik agar selalu bisa berkonsentrasi dan menunjukkan tenaga terbaiknya hingga akhir.

Namun hal tersebut bukan perkara mudah mengingat para pebalap MotoGP menggunakan helm lengkap untuk mengurangi risiko cedera. Helm ini dapat mengurangi konsumsi udara secara signifikan sehingga dapat mempengaruhi performa.

Selain itu, saat melaju di jalan raya, pengendara akan terus melaju dengan kecepatan tinggi. Dalam situasi ini, akan sulit bagi mereka untuk bernapas dengan baik.

Namun, dengan plester hidung, semua permasalahan tersebut bisa diatasi. Saat menggunakan plester, saluran hidung akan melebar dan mengurangi resistensi sehingga pelari dapat bernapas lebih baik.

Inilah sebabnya mengapa para pebalap MotoGP memakai plester di hidungnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *