Kisah Muhammad Zohri, Pencetak Sejarah Indonesia, Juara Dunia Lari 100 Meter

Kisah Muhammad Zohri, Pencetak Sejarah Indonesia

Sejarah Muhammad Zohri yang mengetahui sejarah Indonesia akan diulas dalam artikel ini. Prestasi luar biasa ini diraihnya dengan menjadi juara dunia lari 100 meter. Ya, atlet Indonesia Lalu Muhammad Zohri berhasil menarik perhatian saat mengikuti Piala Dunia U-20.

Acara tersebut berlangsung di Finlandia pada 11 Juli 2018. Di nomor 100 meter, Zohri berhasil meraih kemenangan. Ia menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 10,18 menit. Zohri sukses mengalahkan dua pebalap Amerika, Anthony Schwartz dan Eric Harrison.

Diketahui, kedua kompetitor mencatatkan waktu 10,22 detik. Prestasi Zohri langsung menarik minat hingga membawanya menulis cerita Indonesia. Sebab, untuk pertama kalinya Indonesia berhasil menjuarai kejuaraan lari dunia usia di bawah 20 tahun yang diselenggarakan oleh Asosiasi Federasi Atletik Internasional (U-20 World Championship of IAAF).

Sebelumnya, Indonesia mencatatkan prestasi terbaik di nomor 100 meter pada kompetisi yang sama pada tahun 1986. Saat itu, atlet Indonesia berhasil finis di urutan kedelapan pada babak pertama. Dalam beberapa dekade terakhir, Indonesia belum menghasilkan jumlah atlet yang handal. Tak heran, keberhasilan Zohri meraih emas di nomor 100 meter terbilang luar biasa.

Zohri sangat bangga dengan pencapaian ini. Meski demikian, ia mengaku belum akan puas karena masih ingin tampil baik di kegiatan lain. Banyak cabang olahraga yang saya dapat hari ini. Istimewa, kata Zohri seusai pertandingan, demikian laman resmi Federasi Atletik Dunia IAAF. Zohri menutup, “Saya bangga, sangat bangga karena bisa membuat sejarah di sini.”


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *