Rangkuman Aturan Dasar Bermain Bulutangkis yang Wajib Diketahui, Apa Saja?

Anda perlu mempelajari TEKNIK bulutangkis dari A sampai Z jika ingin menjadi pemain profesional. Begitu pula jika ingin bermain bersama teman, sebaiknya mengetahui aturan dasar bermain bulu tangkis agar tidak terjadi cedera.

Seperti yang kita ketahui, bulu tangkis sangat populer di Indonesia. Bulutangkis adalah olahraga yang menggunakan raket untuk memukul lapangan lawan.

Namun, bermain bulu tangkis sebenarnya tidaklah mudah. Karena ada banyak teknik penting bulutangkis yang harus Anda ketahui jika ingin pandai bermain dan memenangkan pertandingan.

Lantas, teknik bulutangkis apa saja yang perlu Anda ketahui? Berikut penjelasannya:

Sistem permainan bulutangkis

1. Pegang raket dengan kuat


Memiliki grip atau raket yang baik dalam permainan bulutangkis sangatlah penting. Genggaman yang benar memungkinkan Anda memiliki kontrol lebih besar dan mengarahkan bidikan ke lokasi yang diinginkan. Perhatikan kualitas raket yang digunakan sesuai aturan bulutangkis.

2. Sikap atau postur tubuh pada saat pertandingan

Karakter atau posisi tersebut juga menentukan strategi yang Anda mainkan dalam bulutangkis, apakah sebagai lead atau counter-hitter. Postur tubuh yang benar akan memudahkan pergerakan dan keterampilan saat bermain bulutangkis. Biasanya posisi bermain bulutangkis ada tiga yang perlu diketahui, yaitu posisi menyerang, posisi bertahan, dan posisi counter/turn net.

3. Kaki (kaki)

Gerak kaki juga merupakan teknik dasar bulutangkis yang harus dikuasai agar dapat bermain dengan baik. Untuk melakukan gerak kaki yang baik saat bermain bulu tangkis, Anda dapat mengikuti tips berikut ini: Ingat di mana titik awal Anda; Jika ingin mundur atau maju, cukup ambil 2-3 langkah; Jika perlu, gerakkan badan ke kanan atau ke kiri dalam satu langkah.

Selain itu, gunakan sepatu yang dirancang untuk bulu tangkis. Jika tidak, setidaknya sepatu yang Anda kenakan tidak akan mudah lepas saat Anda beraktivitas.

4. Prosedur Pelayanan (Pelayanan)

Teknik bulutangkis berikutnya yang wajib dipelajari adalah melakukan servis atau mengemudi. Ada dua jenis servis dalam bulutangkis, yaitu overhand dan underhand. Yang dilakukan pada tangan adalah cara memukul mobil yang posisi raketnya diatas bahu atau kepala.

Sedangkan under serve adalah cara memukul mobil dengan raket yang diletakkan di bawah bahu atau dada. Performanya yang tinggi akan membuat lingkar kemudi tampak horizontal. Sebaliknya, performa yang rendah akan membuat mobil ingin terbang.

5. Teknik tinju

Dalam permainan bulu tangkis juga terdapat sistem burst. Cara melakukan teknik burst yang benar adalah dengan melakukan lompatan disertai dengan memukul shuttlecock dengan baik di zona lawan. Jika teknik ledakan ini dilakukan dengan benar maka akan tercipta gerakan terbang yang tajam dan mematikan.

6. Jaring

Netting merupakan teknik dasar bulutangkis yang tidak mudah dilakukan karena memerlukan ketelitian, kecepatan dan pemahaman. Cara bermain bulu tangkis net adalah pemain harus berada dekat dengan net. Kemudian kembalikan perahu dengan benar ke jaring. Shuttlecock dari jenis pukulan ini akan mendarat di area dekat jaring lawan. Jika lawan tidak waspada saat menembak ke arah net, maka ia akan kehilangan poin.

7. Di atas

Pergerakan udara dilakukan bila posisi berhentinya shuttlecock berada di belakang badan kita yang berdiri. Teknik ini dilakukan dengan cara memukul shuttlecock seperti sedang melempar sesuatu, tidak perlu sekuat jaring.

8. Patah hati


Gerakan lob dalam bulu tangkis mirip dengan gerakan berbentuk huruf “U”. Jurus ini sering digunakan untuk mengangkat pesawat ke atas lawan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tembakan lob untuk menciptakan ruang di tengah dan depan lapangan.

Tidak perlu, persiapkan berbagai perlengkapan dan hal-hal yang diperlukan untuk bermain bulu tangkis. Dari sepatu salju hingga sepatu bot dan kaus kaki. Pastikan semuanya benar dan memenuhi kebutuhan olahraga Anda.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *