Kisah Tony Gunawan peraih emas Olimpiade Sydney 2000, kini menjadi warga negara Amerika

Kisah Tony Gunawan

Kisah peraih medali emas Olimpiade Sydney 2000, Tony Gunawan yang kini berkewarganegaraan Amerika menarik untuk disimak. Sebab saat itu, keputusannya untuk memindahkan WNI ke Amerika adalah sebuah keputusan yang jelas. Ya, Tony Gunawan pernah menjadi pebulu tangkis papan atas Indonesia, khususnya di kategori kedua.

Ia berhasil meraih kesuksesan besar di kancah internasional, khususnya saat berduet dengan Candra Wijaya. Salah satu kesuksesan terbesarnya adalah duet Tony/Candra yang tampil di pentas Olimpiade Sydney 2000. Saat itu, Tony/Candra berhasil meraih medali emas. Kesuksesan besar itu diraih saat Tony/Candra mengalahkan ganda putra Korea Selatan Lee Dong-soo/Yoong-sung di babak final.

Kontes berakhir dengan skor 15-10, 9-15 dan 15-7. Tony Gunawan dan Candra Wijaya tak hanya bisa bersinar di Olimpiade. Sederet turnamen ternama lainnya berhasil mereka juarai antara lain Malaysia Open 1998, Indonesia Open 2000, Japan Open 2007 dan masih banyak lagi lainnya. Pada tahun 2011, Tony Gunawan mengambil keputusan mengejutkan. Ia memutuskan untuk mengubah kewarganegaraannya menjadi warga negara Amerika.

Sebelum memutuskan untuk mengubah kewarganegaraannya, Tony terlebih dahulu belajar di Amerika Serikat saat menjadi pelatih bulutangkis di sebuah klub bernama Orange County Badminton Club. Setelah berlatih hingga tahun 2004, Tony diminta bersaing dengan Howard Bach di Kejuaraan Dunia 2005.

Meski saat itu belum menjadi warga negara AS, Tony memiliki kartu hijau. Jadi dia bisa bermain untuk melindungi Amerika Serikat. Menariknya, selama membela Amerika Serikat dan Howard Bach, Tony Gunawan berhasil melakukan banyak hal. Mereka memenangkan Piala Dunia pada tahun 2005.

Hari ini, Tony Gunawan yang pindah negara memutuskan pensiun. Meski demikian, Tony tetap menjadi pelatih bulu tangkis untuk melahirkan pemain-pemain berbakat di Amerika Serikat.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *