Kisah juara Olimpiade Barcelona 1992 Ardy B Wiranata yang kini berkewarganegaraan Kanada

Ardy B Wiranata yang kini berkewarganegaraan Kanada

KISAH Juara Olimpiade Barcelona 1992, Ardy B Wiranata yang kini berkewarganegaraan Kanada, Okezone akan bahas di artikel kali ini. Bagi yang belum tahu, Ardy merupakan legenda bulu tangkis putra Indonesia yang pernah menjadi juara pada tahun 1990-an.

Pria bernama Ardy Bernardus Wiranata ini lahir di Jakarta pada 10 Februari 1970. Ardy jebolan PB Djarum dan mulai menorehkan kiprahnya di dunia bulu tangkis pada akhir tahun 1980-an. Sejujurnya, pada tahun 1987, Ardy Luar Biasa memenangkan dua gelar Kejuaraan Dunia Junior 1987.

Ardy memenangkannya di nomor tunggal putra dan mencampurkan dua kategori bersama Susy Susanti. Sejak saat itu, nama Ardy mulai teringat di dunia bulu tangkis. Ardy bahkan berhasil meraih satu medali perak (1992) dan dua medali perunggu (1991 dan 1993) di Kejuaraan Dunia. Prestasi terbaik Ardy diraih saat mempersembahkan medali perak bagi Indonesia di Olimpiade Barcelona 1992.

Saat itu, Ardy gagal meraih medali emas karena kalah dari wakil Indonesia lainnya, Alan Budikusuma. . Alan Budikusuma menjadi penantang utama Ardy di divisi tunggal global. Ardy juga menjadi nominasi nomor satu dunia kategori tunggal BWF.

Segala prestasinya menunjukkan bahwa Ardy hebat. Sepanjang karirnya, ia mampu meraih berbagai gelar seperti All England 1991, gelar Indonesia Open dan masih banyak lagi. Tahun 1990-an merupakan masa keemasan Ardy hingga akhirnya memutuskan pensiun pada tahun 1998. Sejak pensiun, Ardy tinggal di Amerika Serikat dan berlatih di sana selama tiga tahun, mulai tahun 1998 hingga 2001.

Kemudian, pada tahun 2001, Ardy pindah ke Kanada dan masih melatih bulutangkis hingga saat ini. Pada tahun 2014, Ardy mengubah kewarganegaraannya menjadi warga negara Kanada. Di Kanada, Ardy tinggal bersama istrinya, Elisabeth Tamzil dan putra satu-satunya, Shawn Wiranata. Hingga tahun 2023, Ardy diketahui aktif di klub bulu tangkis dan mengajari anak-anak hingga orang dewasa bermain tepok bulu.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *