FIM mengumumkan batasan tahun baru bagi pebalap Moto3 pada tahun 2024

FIM mengumumkan batasan tahun baru bagi pebalap Moto3

Jakarta (ANTARA) – Regulator motorsport global FIM mengumumkan batasan tahun baru bagi pebalap kelas Moto3 untuk musim 2024.

Berdasarkan keterangan resmi pada Rabu, batasan usia yang sebelumnya ditetapkan 18 tahun kini diubah menjadi usia minimal 17 tahun bagi pebalap yang finis di tiga posisi pertama FIM JuniorGP dan Red Bull Rookies Cup. derajat. Hal ini diharapkan dapat memudahkan pekerjaan para pelari muda agar dapat melanjutkan ke kelas balap yang lebih tinggi pada musim berikutnya.

Di kelas Moto2, pengecualian bagi pemenang Kejuaraan Moto2 Eropa untuk mengikuti Kejuaraan Dunia Moto2 meskipun ia belum mencapai usia minimal 18 tahun. Pemenangnya dapat mengikuti kompetisi internasional sejak usia tujuh belas tahun.

Pada tahun 2022, ini juga diberikan kepada pebalap yang berpartisipasi pada Kejuaraan Dunia Moto3 dan Moto2 musim sebelumnya ketika mereka berusia 16 atau 17 tahun, sehingga memungkinkan mereka untuk terus berkompetisi di musim berikutnya. “Hal ini telah diperluas kepada pebalap yang berkompetisi di kategori tersebut pada tahun 2023, yang akan dapat terus berkompetisi pada tahun 2024,” kata FIM.

Di sisi lain, Komisi Grand Prix yang terdiri dari pejabat Dorna, FIM, IRTA dan MSMA telah menyetujui peraturan baru mengenai bahan bakar dan pelumas untuk semua kelas balap yaitu MotoGP, Moto2, dan Moto3 untuk musim depan. . . Kebijakan pada tahun 2024 mensyaratkan penggunaan minimal 40% bahan bakar dari sumber non-fosil dan secara bertahap akan ditingkatkan menjadi 100% bahan bakar dari sumber non-fosil pada tahun 2027.

FIM, IRTA, Dorna, laboratorium penelitian, dan MSMA telah menyepakati rincian spesifikasi bahan bakar dan prosedur pengujian untuk tahun 2024, termasuk masukan dari pemasok bahan bakar. “Informasi rinci mengenai sampel uji akan dimasukkan dalam aturan baru,” kata FIM.

Sementara itu, para pebalap MotoGP yang mendaftar musim mendatang telah menyelesaikan sesi tes motor pertama di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, beberapa waktu lalu. Setelahnya, seri akan dilanjutkan dengan libur musim dingin sebelum akhirnya menggelar tes kedua di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia pada 6-8 Februari.

Kemudian, musim berikutnya MotoGP, Moto2, dan Moto3 akan dibuka dengan putaran pertama di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada 8-11 Maret.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *