BARATI akan pergi ke dunia lain untuk menyelenggarakan BARATI Cup Bali 2024, Road to Gothia Cup Swedia

JAKARTA – Kebanggaan Merah Putih (BARATI) sedunia mengawali BARATI Cup Bali 2024 menuju Gothia Cup. Ajang ini menjadi langkah awal dalam menyeleksi bakat-bakat pemain sepak bola muda Indonesia untuk bergabung ke tim BARATI 2024. Tim BARATI 2024 akhirnya berangkat untuk bertanding dan merebut gelar juara Indonesia di turnamen sepak bola remaja paling ternama, World Youth Cup – Gothia Cup di Swedia pada tanggal 14 hingga 20 Juli 2024.

Ajang ini mempertemukan talenta-talenta sepak bola seluruh dunia. Peluncuran BARATI Cup Bali 2024 jalan menuju Gothia Cup berlangsung di Teater Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa (19/12/2023). Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, CEO PT Bangga Merah Putih Mendunia Krisna Wisnu Marsis,

Direktur Kebanggaan Merah Putih Mendunia Desty Nathalia dan Direktur PSSI Indra. Syafri. Kejuaraan Sepak Bola Nasional BARATI 2024 akan mempertemukan lebih dari 120 tim dari 17 wilayah. Kompetisi akan dibagi menjadi tiga grup, yakni 12, 13, dan 14 tahun. Pada ajang sebelumnya, tim Tays Bakers BARATI berhasil meraih prestasi gemilang di usia 12 dan 13 tahun pada ajang Gothia Cup di Swedia pada 16 hingga 22 Juli 2023.

Dalam turnamen sepak bola ternama alias Junior Football World Cup ini, kedua wakil Indonesia berhasil menempati posisi ketiga di antara 194 tim dari 27 negara. Prestasi ini benar-benar menjadi sumber bagi Indonesia.

Menteri Dito mengapresiasi terselenggaranya BARATI Cup 2024. Kompetisi tersebut merupakan program pencarian bakat para pesepakbola muda untuk menjadi pemain nasional.

“Saya menyukai BARATI dan tim berusia 12 dan 13 tahun di Piala Gothia di Swedia beberapa bulan lalu, memenangkan tempat ketiga. “Tahun ini implementasinya semakin meningkat dan pencarian bakat yang dilakukan BARATI sudah berjalan ke arah yang benar,” kata Menteri Dito.

Selain itu, Menteri Dito berharap BARATI juga dapat menyelenggarakan pencarian bakat pada cabang olahraga lainnya. “Saya berharap pencarian bakat juga bisa dilakukan di cabang olahraga lain. Saya mendengarnya tidak hanya dari pemain, tapi juga dari pelatih. “Terima kasih kepada BARATI yang telah menyediakan wadah untuk mencari talenta-talenta muda Indonesia,” ujarnya.

Krisna Wisnu Marsis menjelaskan, acara perdana BARATI Global 2024 akan diawali dengan acara andalan BARATI yaitu BARATI Cup. Ini adalah turnamen sepak bola tahunan terbaik dan paling terkenal di Indonesia.

Krishna menambahkan, timnya sangat bangga bisa terlibat dalam pengembangan sepakbola generasi muda. Ia berharap para pemain muda Indonesia bisa meraih prestasi terbaik di Piala Gothia 2024 di Swedia.

“Tahun 2024 ini akan menjadi turnamen sepak bola remaja terbesar dengan total peserta 2.300 pemain dan 120 tim dari 17 wilayah di Indonesia. Krisna menjelaskan, “Kompetisi akan dibagi dalam tiga kategori umur, yakni 12, 13, dan 14 tahun.”

Pengembangan talenta muda Indonesia

Seperti ajang sebelumnya, Pusdiklat Bali United Gianyar kembali dipilih sebagai tempat penyelenggaraan turnamen. Pusdiklat Bali United Gianyar menawarkan rumput dan perlengkapan berstandar FIFA yang memenuhi standar internasional.

“BARATI menyelenggarakan BARATI CUP pada tanggal 2 hingga 5 Maret 2024. Kami ingin menawarkan pengalaman berbeda. Penggunaan teknologi analitik akan disertakan untuk pendaftaran, hasil pertandingan langsung, dan streaming pertandingan di YouTube. “Akan ada sembilan bidang yang akan mereka ikuti,” kata Desty Nathalia.

BARATI Mendunia selaku penyelenggara juga ingin memadukan konsep olahraga dan pariwisata, dengan reputasi Bali sebagai destinasi wisata olahraga dunia. Seluruh tim sepak bola yang berpartisipasi berasal dari sekolah sepak bola terbaik di daerahnya.

Oleh karena itu, kami ingin memberikan pengalaman terbaik dan berkesan dengan memberikan sistem terbaik yang diakui secara nasional dan internasional, tambah Krisna yang juga pendiri program BARATI Cup Bali 2024. Desty juga mengatakan BARATI menyelenggarakan turnamen ini untuk memberikan pengalaman berbeda kepada para pesepakbola muda Tanah Air.

“Melalui kompetisi ini, BARATI ingin membimbing generasi muda agar bisa tampil di tingkat dunia dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” tegasnya. BARATI Global sengaja memilih Pulau Dewata Bali sebagai tempat penyelenggaraan turnamen ini, karena Bali dinilai mampu mengukir langkah tersendiri sebagai destinasi pariwisata dan olahraga dunia.

BARATI Mendunia adalah program pengembangan bakat pemuda Indonesia yang berjiwa patriotik yang bertujuan untuk memberikan kerangka pengembangan sepak bola pemuda profesional yang positif dan menyenangkan serta dapat menginspirasi anak-anak untuk menjadi versi terbaik dari dirinya dan permainan sepak bola.



Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *