Hasil Akhir BWF World Tour 2023: Fajar/Rian Tersingkir di Semifinal Usai Kalah Liang/Wang.

Fajar/Rian Tersingkir di Semifinal

Pasangan putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tersingkir di babak semifinal BWF World Tour Finals 2023. Mereka ditaklukkan pasangan China Liang Wei Kang/Wang Chang dengan skor 20-22, 21 -12, 16-21 pada Sabtu, 16 Desember 2023. Fajar/Rian mengulangi kegagalannya di Final Tur Dunia BWF edisi 2022 dengan hanya mencapai babak semifinal. Saat itu, wakil Tiongkok Liu Yuchen/Ou Xuanyi meraih gelar internasional ketujuh di peringkat kedua.

Game pertama cukup bagus. Liang/Wang mampu menguasai awal pertandingan dengan mencetak poin langsung dan unggul 5-3. Menjelang berakhirnya liburan, Fajar/Rian mulai bangkit dan menahannya. Adu skor pun terjadi, namun kedua Tiongkok berhasil unggul 11-10 saat jeda. Usai jeda, keduanya ngotot merebut poin pertama. Fajar/Rian memimpin 12-11, namun Liang/Wang bangkit dan mengambil alih pertandingan. Skor kembali imbang hingga memasuki poin penting 18-18 dan 20-20.

Namun, pemain peringkat dua dunia itu berhasil menyudahi laga dengan unggul 22-20. Di awal gim kedua, Fajar/Rian langsung bangkit dan cepat mencetak dua poin berikutnya dan unggul 11-4 saat turun minum. Juara All England 2023 itu pun tak menyia-nyiakan momentum tersebut dengan terus memperlebar jarak menjadi 17-8, dan menyudahi laga dengan kemenangan 21-12. Pertandingan ini akan ditentukan pada game ketiga.

Fajar/Rian tampak kehilangan kontak di game ketiga. Liang/Wang memperbaiki kedudukan dengan mendominasi pertandingan dan menang 8-2. Wakil Indonesia tak bisa berbuat banyak, jeda berakhir dengan dua Tiongkok unggul 11-3. Liang/Wang terus mendominasi mereka di paruh kedua game ketiga. Fajar/Rian beberapa kali mampu mencuri untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 12-11. Namun lawannya tampil tangguh hingga akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 16-21.

Meninggalnya Fajar/Rian membuat Indonesia hanya punya satu wakil di Final Tur Dunia BWF 2023, yakni anak asuh Jonatan Christie. Ia akan bertemu pemain Tiongkok Shi Yu Qi di babak semifinal sore nanti, Sabtu 16 Desember 2023. Sedangkan Liang/Wang akan menghadapi Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae dan pertandingan putra kedua.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *