Jonathan Christie melaju ke semifinal BWF World Tour Finals 2023 meski kalah dari Li Shi Feng

Jonathan Christie melaju ke semifinal BWF

Pemain tunggal putra Indonesia Jonatan Christie berhasil melaju ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2023 setelah menghadapi persaingan ketat di Grup B wakil China, Li Shi Feng, dalam dua gim berturut-turut 13-21 18-21. Sebelumnya, Jonatan memenangi dua laga awal Grup B dengan meraih kemenangan berturut-turut melawan Kunlavut Vitidsarn (Thailand) dan Anders Antonsen (Denmark).

Hasil tersebut membuat ia hanya membutuhkan satu pertandingan saat bertemu Li Shi Feng pada Jumat 15 Desember 2023 untuk mendapatkan tiket langsung ke babak semifinal. Namun salah satu pemain tunggal putra papan atas Indonesia itu mengalahkan Li Shi Feng dua gim langsung dengan skor akhir 13-21, 18-21.

Situasi menjadi rumit karena pada laga sebelumnya Anders Antonsen berhasil mengalahkan Kunlavut Vitidsarn dengan skor akhir 21-16, 21-11. Kondisi buruk terjadi di Grup B karena Jonatan Christie, Li Shi Feng, dan Anders Antonsen sama-sama finis dengan rekor 2-1 dan match point 4-2. Menurut aturan BWF, jika lebih dari dua peserta menyelesaikan rekor pertandingan yang sama dan selisih pertandingan dalam sistem tim, sistem peringkat ditentukan berdasarkan jumlah poin.

Kesepakatan ini akhirnya memberikan hak kepada Anders Antonsen dan Jonatan Christie untuk melaju ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2023 sebagai wakil Grup B. Antonsen lolos sebagai pemenang Grup B karena memiliki jumlah poin maksimal 118- 99 (118-99). + 19). , Jonatan menjadi yang terakhir dengan 115-102 (+13). Li Shi Feng seharusnya berada di posisi ketiga Grup B karena hanya membukukan 115-111 (+4).

Jonatan pun bersyukur bisa melaju ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2023, meski penuh tantangan. Ia juga merasa kurang tampil baik di final. “Pertama-tama alhamdulillah bisa lolos ke semifinal, tapi kami juga belum puas dengan penampilan hari ini,” ujarnya dalam keterangan yang ditulis PBSI.

“Saya baru pertama kali mencoba Lapangan 1 dan butuh waktu cukup lama untuk mengatur kecepatan shuttlecock yang lebih lambat dibandingkan Lapangan 2. Sementara itu, Li Shi Feng mempunyai kekuatan yang cukup sehingga bisa mengembalikan bola sebanyak itu, lanjut Jonathan. Jonatan akan bermain di babak semifinal BWF World Tour Finals 2023, di mana lawannya akan ditentukan berdasarkan hasil pengundian. Tentu saja, sebagai wakil juara Grup B, dialah satu-satunya yang mampu menantang Shi Yu Qi (China) yang menjadi juara Grup A atau Anders Antonsen yang menjadi juara Grup B.

Jonatan Christie pun mengaku tak ingin khawatir dengan lawan yang akan dihadapinya di babak semifinal. Dia hanya ingin memberikan yang terbaik, semua orang menentangnya. “Saya berharap besok di babak semifinal, saya bisa memperbaiki dan meningkatkan performa seperti di dua laga pertama,” ujarnya.

“Saya ingin bertemu seseorang, saya fokus pada kesejahteraan dan pikiran saya dulu,” tambah pria keenam yang paling banyak menikah di dunia. Sementara keberhasilan Jonatan Christie menembus babak semifinal BWF World Tour Finals 2023 membuat Indonesia punya dua wakil di babak empat besar. Ia mengikuti kiprah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang melaju ke babak semifinal sebagai juara Grup B di kedua divisi putra.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *