Final Tur Dunia BWF 2023: Anthony Sinisuka Ginting gagal melaju ke semifinal usai mengalahkan Viktor Axelsen

Anthony Sinisuka Ginting gagal melaju ke semifinal

Pemain tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginging mengakhiri lajunya di BWF World Tour 2023. Menghadapi wakil Denmark Viktor Axelsen, ia menang dalam tiga gim yang berakhir dengan skor 21-16, 7-21, 13- 21. Ginting tak lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2023, meski berhasil memenangi dua laga awal Grup A.

Dengan kemenangan tersebut, Ginting yang sebelumnya memimpin Grup A pun berhasil lolos. untuk pergi. dua hingga tiga tempat. Pemain Cimahi itu mengakhiri perjuangannya di babak penyisihan grup dengan rekor kemenangan 2-1 dan margin pertandingan 5-4 (+1). Skor Ginting masih imbang dengan Axelsen yang berada di peringkat kedua Grup A dengan rekor kemenangan 2-1 dan skor pertandingan 4-3 (+1).

Sesuai aturan BWF, jika terdapat hasil imbang dalam rekor pertandingan dan selisih pertandingan, maka pemeringkatan ditentukan dengan membandingkan jumlah poin. Axelsen memiliki rentang poin 138-109 (+29), lebih baik dibandingkan Ginting yang memiliki rentang poin 146-152 (-6). Juara pertama Grup A kategori ganda putra diraih Shi Yu Qi ji. Tim putra Tiongkok finis dengan rekor kemenangan 2-1 dan margin pertandingan 5-3 (+2).

Anthony Sinisuka Ginting pun mengaku menyayangkan tidak lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2023 meski memenangi dua laga awal. “Sangat disayangkan kami menang dua kali tetapi tidak mencapai semifinal. Hanya saja persaingan tunggalnya begitu ketat. “Tidak ada yang bisa memprediksi,” katanya.

Ginting pun memutuskan menjadikan Final Tur Dunia BWF 2023 sebagai pembelajaran untuk menatap musim depan, khususnya Olimpiade 2024. “Saya mengetahui bahwa ini adalah program persiapan pra-Olimpiade yang formatnya hampir sama, tim melalui proses knock-out terlebih dahulu. Saya berharap bisa terus meningkatkan performa ini di tahun depan,” kata pemain asal Cimahi itu. Meski gugur di babak semifinal, Ginting mengaku senang dengan penampilannya di Final Tur Dunia BWF 2023.

“Begitu saya masuk ke lapangan, saya tertarik untuk bermain sebanyak mungkin. Saya tidak mau memikirkan menang atau kalah, lolos ke semifinal atau tidak. Meski kalah, saya puas dengan penampilan hari ini. “Selama dua hari, saya pikir ini adalah karya terbaik saya,” ujarnya.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *