Panitia melarang Dejan/Gloria mengibarkan bendera merah putih di podium juara dunia Syed Modi 2023

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dilarang panitia kibarkan bendera merah putih

Momen Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dilarang panitia mengibarkan bendera merah putih di podium pemenang Syed Modi International 2023 pun kembali seru untuk disaksikan. Bagaimana tidak, Dejan yang melepas bendera Indonesia di punggungnya disuruh memakai saka merah putih.

Seperti kita ketahui, Dejan / Gloria sukses tampil di Syed Modi International 2023. Kepastian itu mereka dapatkan saat mengalahkan wakil Jepang, Yuki Kaneko / Misaki Matsumo, di final dalam tiga gim dengan skor 20-22, 21- 19. dan 25-23.

Laga final turnamen Super 300 berlangsung di BBD UP Badminton Academy, Lucknow, India pada Minggu 3 Desember 2023 malam WIB. Dejan/Gloria kesulitan mengalahkan ganda campuran Jepang dalam tiga gim dalam waktu 95 menit.

Buktinya Dejan/Gloria mendapat perlawanan sengit dari Kaneko/Matsumo sejak awal pertandingan hingga skor mencapai 7-7. Setelah itu, adu jual beli berlanjut hingga skor mencapai 10-10. Sempat tertinggal 14-18, Dejan/Gloria bangkit dan menyamakan skor menjadi 20-20, sebelum akhirnya kalah 20-22 di game pertama.

Beruntung Dejan/Gloria berhasil bangkit dan merebut game kedua dengan skor 21-19 hingga memaksakan rubber. Pada gim ketiga, pertandingan Dejan/Gloria sempat terkunci hingga unggul 15-9. Namun lawan menunjukkan perlawanan yang kuat dan berhasil memaksa duce 23-23. Beruntung Dejan/Gloria fokus dan berhasil merebut game ketiga, 25-23.

Kemenangan ini membuat Dejan/Gloria naik ke puncak podium sebagai pemenang Syed Modi International 2023. Tak terhindarkan, ganda campuran Indonesia membawa bendera Merah Putih di podium balapan Super 300.Namun panitia melarang Dejan/Gloria mengibarkan bendera merah putih pada pemenang Syed Modi International 2023 itu. Dalam video akun TikTok @infobadminton1, Dejan yang melepas bendera Indonesia di punggungnya diminta menghitung sakanya.

Hal itu pun langsung menjadi sorotan para pecinta bulu tangkis Tanah Air. Ada yang mempertanyakan mengapa panitia melarang para pemain memakai bendera negaranya selama Super Series.

“Di turnamen Super Series dilarang membawa bendera,” tulis akun @infobadminton1. Dilansir dari akun Twitter @badminntontak, Senin (12/4/2023), sesuai poin 1.10 peraturan BWF, bendera diperbolehkan dibawa ke podium selama pertandingan beregu BWF Kelas 1.

Dalam hal ini, bendera Bisa. hanya bersifat baku dan tidak menghalangi atau menghalangi penerimaan dan/atau penyerahan medali, piala, atau penghargaan lainnya. Saat ini, bendera tidak boleh dikibarkan di atas podium pada setiap balapan Kelas 1 dan pada balapan 2.

Dengan kata lain, tidak diperbolehkan membawa bendera di atas podium pada setiap perlombaan. Jika melihat tabel pelanggaran dan penalti, tidak ada penalti bagi pemain yang membawa bendera ke podium. Selain itu, ini merupakan gelar BWF World Tour kedua setelah gelar Vietnam Open 2022 Super 100 bagi Dejan/Gloria yang menikah sejak Februari 2022.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *