Fabio Quartararo mengungkap performa motor Yamaha jelang MotoGP 2024

Fabio Quartararo mengungkap performa motor Yamaha

SEPANG – Fabio Quartararo mengaku puas dengan perkembangan motor barunya, M1 2024, karena menurutnya mesinnya lebih baik dibandingkan edisi tahun lalu. Meski begitu, para pebalap Yamaha menilai motornya tetap agresif sehingga perlu kehalusan saat berkendara. El Diablo – sapaan akrab Quartararo – tampil apik pada hari pertama tes resmi MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Selasa (6/2/2024).

Ia berada di posisi ketiga dengan selisih 0,277 detik dari waktu terbaik yang ditorehkan pemimpin klasemen Jorge Martin, dari Pramac Ducati. Sementara itu, rekan barunya, Alex Rins, juga meraih hasil bagus. Ia berada di posisi ke-11, tertinggal 0,765 detik dari Martinator –julukan Martin. Pembalap asal Prancis itu tak bisa menyembunyikan kegembiraannya melihat hasil bagus di hari pertama tes di Malaysia.

Bahkan, ia menilai mesin motornya lebih baik dibandingkan edisi tahun lalu, meski menurutnya performanya belum mencapai batas maksimal dan masih agresif. “Saya senang! Mesinnya lebih bagus dari tahun 2023, pas! Tapi kami tidak menggunakan tenaga motor secara penuh,” kata Quartararo seperti dilansir Speedweek, Rabu (7/2/2024).

“Saya kira karakternya masih agresif, kami belum bisa menggunakan kekuatan penuhnya. Tapi kami bekerja hari ini untuk membuat mesin kami bekerja lebih baik,” tambahnya.

Lebih lanjut, Quartararo juga menyebut motornya kurang bagus untuk memenangkan balapan. Salah satu yang perlu ditingkatkan, kata dia, adalah pengembangan komponen elektronik pada sepedanya yang dinilai tertinggal dari kelompok industri lain.

“Sekarang kami punya lebih banyak pilihan, tapi kami masih belum punya motor pemenang. “Kami sudah tertinggal selama bertahun-tahun dalam hal elektronik dan ini masih perlu kami tingkatkan,” jelas juara MotoGP 2021 itu.

Quartararo juga mengungkapkan, yang saat ini menjadi fokus tim Iwata adalah membuat motornya lebih mulus saat dikendarai. Karena memiliki impact yang kuat saat bergerak sehingga membuat M1 2024 miliknya menjadi agresif.

“Salah satu tujuan kami adalah membuat motor lebih ringan. “Sekarang mereka melakukan kekerasan,” kata pengemudi berusia 24 tahun itu.

“Selama sepeda kita tegak, jebakan ini unik. “Di sini kita perlu membuat sepeda motor lebih mudah dikendarai,” tutupnya.

Tes MotoGP 2024 akan dilanjutkan pada 7-8 Februari. Kemudian, tes terakhir akan berlangsung di Qatar pada 18 hingga 20 Februari.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *